Membuat Mail Merge dan Envelopes di Ms. Word 2007

Untuk membuat mail langkah-langkanya seperti berikut :
Buat lah sebuah surat terlebih dahulu -> kemudian pada menu bar pilih Mailings -> klik Start Mail Merge -> pilih Step by step mail merge wizard -> pada option select recipients pilih Type a new list -> kemudian klik Create (lihat gambar 7.1) -> akan muncul halaman New Address List -> klik button Customize Columns -> hapus semua list (tekan delete) kemudian klik add untuk menambah list -> isi setiap list -> setelah itu klik Ok dan simpan (lihat gambar 7.2) -> kemudian setelah membuat list atau database kita akan memanggil atau menampilkan list-list yang telah kita buat tadi -> dengan memilih mailings -> Select Recipients -> dan pilih Use Existing List (lihat gambar 7.3)  -> pilih file yang telah di simpan tadi kemudian tekan Open -> untuk menampilkan list tersebut pilih Insert Merge Field kemudian pilih field-field yang ingin di tampilkan -> untuk melihat hasilnya pilih menu Preview Results dan untuk menampilkan field/list lainnya tekan tombol kiri atau kanan (lihat gambar 7.4).

perpustakaandunia-membuat-mail-merge-di-ms-word-

perpustakaandunia-membuat-mail-merge-di-ms-word-

perpustakaandunia-membuat-mail-merge-di-ms-word-1

perpustakaandunia-membuat-mail-merge-di-ms-word-1

Mengedit mail langkahnya adalah sebagai berikut :
Pilih menu Mailings -> Edit Recipients List -> pada kotak Data Source pilih file database yang ingin anda edit -> kemudian klik Edit -> jika sudah klik Ok (lihat gambar 7.5 dan 7.6).

perpustakaandunia-membuat-mail-merge-di-ms-word-2

perpustakaandunia-membuat-mail-merge-di-ms-word-2

Untuk mencetak mail berikut langkahnya :
Pilih Mailings -> pilih Finish & Merge -> tekan Print Document.

perpustakaandunia-mencetak-mail-dengan-ms-word-2007

perpustakaandunia-mencetak-mail-dengan-ms-word-2007

 

::. Membuat Envelopes

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat envelopes :
Mengatur page setup (lihat gambar 8.1) -> setelah itu pilih menu Mailings -> pilih Envelopes -> klik button Add to Document -> kemudian buatlah sebuah envelopes.

Cat : Untuk menambahkan dan mengedit list database pada envelopes caranya sama dengan menambahkan list pada mail.

perpustakaandunia-membuat-envelopes

perpustakaandunia-membuat-envelopes

perpustakaandunia-membuat-envelopes-2

perpustakaandunia-membuat-envelopes-2

sekian…
Terima Kasih 🙂

semoga bermanfaat buat teman-teman, tutorial membuat mail merge dan envelopes di ms word 2007, baca juga tutorial mengenai tutorial ms. powwer point, ms. excel, ms. access, dan lain sebagainya di kategori office 2007.

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s